Breaking News

Survei SMRC: 71% Publik Puas dengan Kinerja Pemerintahan Jokowi

Hasil lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) sebanyak 71 persen responden merasa puas terhadap pemerintahan Jokowi. Ini menandakan bahwa masyarakat Indonesia masih menginginkan Jokowi sebagai Presiden dibandingkan Prabowo.

"Yang merasa puas dengan dengan kinerja Jokowi sebagai presiden jumlahnya 71 persen, jauh lebih banyak dibanding yang tidak puas 28 persen, 1 persen menjawab tidak tahu," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvan dalam konferensi pers hasil survei di kantornya, Jl Cisadane, Menteng Jakarta Pusat, Jumat (12/4/2019).



Survei tersebut dilakukan pada 5-8 April 2017. Survei ini menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan 2.285 responden dari seluruh provinsi di Indonesia.

Survei dilakukan dengan wawancara langsung tatap muka. Margin of error dalam survei ini +/- 2,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Deni kemudian memaparkan respons publik terhadap kondisi sosial-ekonomi nasional pada pemerintahan Jokowi dalam setahun terakhir. Ia menyebut mayoritas responden menilai kondisi sosial-ekonomi Indonesia semakin baik dalam setahun terakhir.

"Apakah Bapak/Ibu melihat keadaan ekonomi nasional pada umum menjadi jauh lebih buruk, lebih buruk, tidak ada perubahan, lebih baik, atau jauh lebih baik dibanding tahun lalu?" ucap Deni membacakan pertanyaan yang diajukan dalam survei.

"Satu persen menjawab jauh lebih buruk, 18 persen lebih buruk, 30 persen tidak ada perubahan, 43 persen lebih baik, 4 persen jauh lebih baik, sedangkan tidak tahu atau tidak menjawab 4 persen," lanjutnya.

Untuk itu, Deni menyebut mayoritas responden percaya Jokowi bisa memimpin Indonesia menjadi makin baik. Menurutnya, yang merasa yakin akan kepemimpinan Jokowi sebesar 68 persen.

"Tingkat kepercayaan kepada Jokowi mampu memimpin bangsa ini juga masih tinggi di angka 68 persen. Umumnya warga optimis dengan kemampuan Jokowi memimpin," sebutnya.

Berikut ini hasil survei terkait kepuasan terhadap kinerja Jokowi pada April 2019:

Sangat puas: 14%
Cukup puas: 57%
Kurang puas: 25%
Tidak puas sama sekali: 3%
Tidak tahu atau tidak jawab: 1%

Keyakinan atas kemampuan Jokowi untuk memimpin

Sangat yakin: 21%
Cukup yakin: 47%
Kurang yakin: 23%
Tidak sama sekali yakin: 4%
Tidak tahu atau tidak jawab: 5%

No comments