Breaking News

Nyatanya Jokowi Betul-Betul Berikan Kesetaraan Pada Disabilitas

Nyatanya Jokowi Betul-Betul Berikan Kesetaraan Pada Disabilitas
Capres petahana nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi menyatakan, pemerintah benar-benar memperhatikan kesetaraan kaum disabilitas. Keadaan ini pun terus membaik.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam debat perdana Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/11/2019). Dia menjawab pertanyaan moderator Ira Koesno mengenai apa program Jokowi-Ma'ruf mengatasi masalah kaum disabilitas yang masih mengalami diskriminasi.

Jokowi mengatakan, setelah keluar undang-undang mengenai disabilitas pada 2016, dia melihat paradigama terhadap kaum disabilitas mulai berubah.

"Yang sebelumnya adalah bansos kedermawanan kepada mereka, dengan undang-undang baru, paradigma sekarang adalah pemenuhan hak. Pemerintah sudah memberikan fasilitas pemenuhan hak itu, baik itu pekerjaan, perumahan, fasilitas umum, walau baru beberapa kota, sudah kita mulai," kata Jokowi.

Dia menambahkan, mengenai kesetaraan, Jokowi mencontohkan perhelatan Asian Para Games 2018. Pemerintah memberi bonus atlet disabilitas sama dengan atlet yang berlaga di Asian Games 2018.

"Yang dapat emas Rp 1,5 miliar. Kita beri sama seperti atlet yang berlaga di Asian Games. Artinya, kesetaraan betul betul kita berikan kepada kaum disablitas yang mulai sekarang ini kita perhatikan baik," kata Jokowi.

No comments