Breaking News

Jokowi Akan Membagikan 50,000 Hektar Lahan Hutan Sosial ke Warga SumSel

Jokowi Akan Membagikan 50,000 Hektar Lahan Hutan Sosial ke Warga SumSel
Kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya bakar ke Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (21/11/2018) untuk mengecek kondisi hutan sosial yang akan rencananya diserahkan Presiden Jokoqi ke masyarakat.

Untuk itu, Menteri Siti akan memastikan ke Presiden Jokowi bahwa hutan sosial di Sumsel sangat bagus untuk diserahkan ke masyarakat.

"Saya dapat informasi, (Presiden Jokowi) kemungkinan ke Sumsel. Karena saya sebagai penanggungjawab teknik hutan sosial," ujarnya, saat mengunjungi kawasan konservasi hutan pinus wisata Punti Kayu Palembang.

Peninjauan Menteri Siti ke lapangan untuk mengetahui sejauh mana kawasan hutan sosial, agar bisa meyakinkan Presiden Jokowi untuk datang ke Sumsel.

Jika kunjungan kerja (kunker) RI 1 terealisasi, Presiden Jokowi akan menyerahkan keputusan tentang akses hutan sosial seluas 50.000 Hektar. Lahan ini akan dibagikan ke 10.500 Kepala Keluarga (KK) di 10 kabupaten/kota di Sumsel.

Akses hutan sosial di Sumsel akan diberikan untuk masa 35 tahun lamanya, termasuk masalah perusahaan Musi Hutan Persada di Sumsel yang berkonflik dengan warga sekitar.

"Kita sudah menemukan titik temu antara warga dan perusahaan. Itu nanti masuk agenda Tanah Reformasi Agraria dari Hutan. Akan kita teliti lagi, untuk mengembalikan tanah bukan hutan yang milik masyarakat," katanya.

Siti Nurbaya meyakinkan, pemerintah pusat terus berupaya untuk menyelesaikan konflik hutan sosial antara warga dan perusahaan di seluruh Indonesia, termasuk di Sumsel.

No comments