Breaking News

News! Jokowi Bangun Ekonomi Pesantren di Kabupaten Serang, Banten.

Jokowi Bangun Ekonomi Pesantren
Presiden Joko Widodo meluncurkan ritel konsinyasi modern yang diinisiasi oleh Lembaga Ekonomi Umat (LEU) yakni LEUMart di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara di Kabupaten Serang, Banten.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan LEUMart disela-sela acara kunjungan kerjanya di Provinsi Banten, berbarengan dengan peluncuran lembaga-lembaga ekonomi umat yang lain.

Dalam acara tersebut hadir para menteri Kabinet Kerja, di antaranya Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga, pimpinan lembaga negara, para pimpinan BUMN, dan para tokoh masyarakat dari kalangan Ormas Islam.

Saat menandatangani prasasti LEUMart, Jokowi mengungkapkan, keberadaan LEUMart diharapkan bisa membantu pengembangan dan pembangunan ekonomi di pondok-pondok pesantren.

"Hal ini sangat baik sekali untuk masa depan pendidikan para santri di pondok pesantren," kata Presiden Jokowi.

Usai acara Presiden RI, Menkop dan UKM Puspayoga berkesempatan menyerahkan sertifikat badan hukum koperasi kepada Koperasi Mitra Santri Nasional (KMSN), sertifikat HAKI (hak merek) kepada beberapa pelaku UKM yang bergerak di sektor kerajinan dan makanan olahan, hingga Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK).

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan kredit usaha rakyat (KUR) kepada tiga pelaku UKM makanan olahan sebesar masing-masing sebesar Rp25 juta.

Ketua LEU dan Direktur LEUMart Bambang Wijonarko mengatakan kehadiran LEUMart diharapkan bisa menjadi jawaban konkrit yang ditunggu-tunggu umat dari tema arus baru ekonomi umat yang diwacanakan dalam Kongres Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia 2017.

Dalam kongres tersebut umat ingin terlibat langsung dalam memberikan solusi tegas terkait persoalan kesenjangan sosial yang terjadi di Tanah Air.

"Maka dari situlah munculnya LEU untuk merumuskan strategi-strategi apa yang bisa diberikan umat dalam sumbangsihnya kepada negeri ini," tutur Bambang.

No comments