Breaking News

Pemerintah Batasi Mobil Impor Dibawah 3000 CC

Pemerintah Batasi Mobil Impor Dibawah 3000 CC
Pemerintah memutuskan untuk membatasi impor sejumlah komoditas. Hal ini dilakukan demi mengendalikan defisit neraca transaksi berjalan yang dialami Indonesia saat ini. Salah satunya adalah mobil mewah di atas 3.000 cc.

Meski pemerintah bakal mengendalikan impor, Menteri Perindustrian Airlangga menjamin bahan baku untuk industri tidak akan dibatasi. Hal itu untuk menjamin bahwa kegiatan industri tidak terganggu.
Airlangga menyampaikan hal tersebut usai menghadiri seremoni ekspor satu juta unit oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), yang juga dihadiri Presiden Joko Widodo.

Menurut Airlangga, ekspor yang dilakukan TMMIN menjadi salah satu bukti bahwa industri otomotif nasional semakin kuat.

“Sebetulnya dengan demikian tidak ada lagi kebutuhan impor,” ungkap Airlangga.
Di samping mengendalikan impor, pemerintah juga berupaya memacu ekspor dengan memberikan insentif terhadap industri padat karya. Sebagai contoh adalah otomotif, tekstil dan produk tekstil, kimia dan biokimia, makanan minuman, dan elektronik.

"Elektronik sekarang impornya kan masih tinggi, kita akan genjot ekspornya. Tapi elektronik kan butuh waktu, karena kalau kita bicara industri 4.0 kan kita bicara internet of things sehingga masih perlu banyak langkah," tutur Menperin.

No comments