Breaking News

Pembatasan Impor Dagang RI - China Tidak Pengaruhi Hubungan

Pembatasan Impor Dagang RI - China Tidak Pengaruhi Hubungan


Pemerintah China meyakini bahwa kebijakan pembatasan impor yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia demi memperbaiki defisit transaksi neraca berjalan RI tak akan mengganggu hubungan dagang kedua negara. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Sekretaris 1 Kedutaan Besar China untuk Indonesia Li Hanqing di Jakarta.

Menurutnya ekspor China ke Indonesia mungkin akan sedikit terkena dampak, namun untuk jangka panjang pemerintah China menilai pembatasan impor tidak akan jadi masalah.

Sementara, Li mengingatkan ekspor China ke Indonesia sebagian besar merupakan bahan baku dan barang modal, seperti mesin dan peralatan.

Sebelumnya pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi impor pajak penghasilan untuk sejumlah barang konsumsu.

Ke depan, kedua negara akan mempererat hubungan dagang melalui kerja sama dan pameran perdagangan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), China merupakan salah satu mitra dagang utama bagi Indonesia.

Sepanjang Januari-Juli 2018, defisit perdagangan Indonesia dengan China mencapai US$10,5 miliar meningkat dari periode yang sama tahun lalu yang minus US$8,05 miliar. Komoditas impor dari China sebagian besar merupakan barang modal, namun Indonesia juga mengimpor bahan pangan, seperti beras dan apel.

No comments