Breaking News

Kenaikan Peringkat Oleh Moody's Bukti Pemerintah Mampu Kelola Utang

Kenaikan Peringkat Oleh Moody's Bukti Pemerintah Mampu Kelola Utang

Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan kenaikan peringkat utang Pemerintah Indonesia yang dilakukan oleh Moody's membuktikan kepercayaan lembaga rating internasional itu pada pemerintah dalam mengelola utang.

Lembaga pemeringkat Moody's Investor Service (Moody's) meningkatkan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia dari Baa3/Outlook Positif menjadi Baa2/Outlook Stabil pada 13 April 2018.
Dari hasil itu, pemerintah menyambut baik karena mampu memberikan efek yang penurunan yang baik bagi yield dari surat utang yang diterbitakan pemerintah.

Berdasarkan hasil peringkat utang bagi Indonesia yang setara dengan level BBB oleh Moody's kemarin, yield sudah menurun hingga 5 bps untuk surat utang berdenominasi rupiah, 2 bps untuk euro, dan 0,5 bps untuk US$. Penurunan itu terjadi secara langsung pasca-Moody's merilis hasil kenaikan peringkat utang.

Darmin mengatakan sebagai lembaga rating yang besar, tentu Moody's selalu mempertaruhkan reputasi dan kredibilitas institusinya apabila menaikkan rating suatu negara. Kenaikan tersebut tentu telah dikaji secara mendalam dan berbicara oleh banyak pemangku kepentingan untuk mengevaluasi data dan informasi.

Dari sisi moneter, disebutkan kebijakannya memiliki kemampuan adaptif terhadap situasi sehingga bisa menciptakan ketahanan. Kemudian di sisi fiskal pun demikian, dan juga sektor riil.

"Artinya apa? Paling tidak, yang bisa kita katakan adalah lembaga rating internasional saja percaya," tandas Darmin.

No comments